Lima Faedah Puasa Syawal

Lima Faedah Puasa Syawal - Hallo sahabat Zona Edukasi Terpadu, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Lima Faedah Puasa Syawal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BULAN RAMADHAN, Artikel hukum islam, Artikel Pendidikan Agama Islam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Lima Faedah Puasa Syawal
link : Lima Faedah Puasa Syawal

Baca juga


Lima Faedah Puasa Syawal

Faedah pertama: Puasa syawal akan menggenapkan ganjaran berpuasa setahun penuh
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa ibarat setahun penuh.”317
317 HR. Muslim no. 1164, dari Abu Ayyub Al Anshori.
318 Lihat Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/56.
319 QS. Al An’am ayat 160.
320 HR. Ibnu Majah no. 1715, dari Tsauban, bekas budak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Syaikh Al Albani menyampaikan bahwa hadits ini shahih.
321 Lihat Fathul Qodir, 3/6 dan Taisir Al Karimir Rahman, hal. 282.
322 Lihat Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/56.
323 Lihat Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/56.
324 Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, “Barangsiapa mempunyai qodho’ puasa di bulan Ramadhan, kemudian ia malah mendahulukan menunaikan puasa sunnah enam hari di bulan Syawal, maka ia tidak peroleh pahala puasa setahun penuh dengan mengerjakan puasa Ramadhan diikuti puasa enam hari di bulan Syawal. Ia tidak peroleh pahala tersebut lantaran puasa Ramadhannya belum sempurna.” (Lathoif Al Ma’arif, 392). Namun berdasarkan pendapat yang lebih kuat, jikalau ia mendahulukan puasa enam hari di bulan Syawal dari qodho’ puasa, maka puasanya tetap sah. Hanya saja pahala puasa setahun penuh yang tidak ia peroleh lantaran puasa Ramadhannya belum sempurna.
Para ulama menyampaikan bahwa berpuasa ibarat setahun penuh asalnya lantaran setiap kebaikan semisal dengan sepuluh kebaikan. Bulan Ramadhan (puasa sebulan penuh) sama dengan (berpuasa) selama sepuluh bulan (30 x 10 = 300 hari = 10 bulan) dan puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan (berpuasa) selama dua bulan (6 x 10 = 60 hari = 2 bulan).318 Makara seperti jikalau seseorang melaksanakan puasa Syawal dan sebelumnya berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan, maka dia ibarat melaksanakan puasa setahun penuh. Hal ini dikuatkan oleh sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa berpuasa enam hari sehabis Idul Fitri, maka dia ibarat berpuasa setahun penuh. [Barangsiapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal]319.”320 Satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan semisal dan inilah tanggapan kebaikan yang paling minimal.321 Inilah nikmat yang luar biasa yang Allah berikan pada umat Islam.
Lebih utama puasa syawal dilaksanakan sehari sehabis Idul Fithri, namun tidak mengapa jikalau diakhirkan asalkan masih di bulan Syawal.322 Lebih utama pula dilakukan secara berurutan namun tidak mengapa jikalau dilakukan tidak berurutan.323 Usahakan untuk menunaikan qodho’ puasa terlebih dahulu biar mendapatkan ganjaran puasa setahun penuh. Ingatlah puasa Syawal yaitu puasa sunnah sedangkan qodho’ Ramadhan yaitu wajib. Sudah semestinya ibadah wajib lebih didahulukan daripada yang sunnah.324
Faedah kedua: Puasa syawal ibarat halnya shalat sunnah rawatib yang sanggup menutup kekurangan dan menyempurnakan ibadah wajib.325
325 Lihat Lathoif Al Ma’arif, 387-388.
326 Lihat Lathoif Al Ma’arif, 388.
327 Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14/372.
328 Lathoif Al Ma’arif, 388.
329 HR. Bukhari no. 4837.
Faedah ketiga: Melakukan puasa syawal merupakan tanda diterimanya amalan puasa Ramadhan.
Jika Allah subhanahu wa ta’ala mendapatkan amalan seorang hamba, maka Dia akan menunjuki pada amalan sholih selanjutnya. Jika Allah mendapatkan amalan puasa Ramadhan, maka Allah akan tunjuki untuk melaksanakan amalan sholih lainnya, di antaranya puasa enam hari di bulan Syawal.326 Hal ini diambil dari perkataan sebagian salaf, “Di antara tanggapan kebaikan yaitu kebaikan selanjutnya dan di antara tanggapan kejelekan yaitu kejelekan selanjutnya.”327
Faedah keempat: Melaksanakan puasa syawal yaitu sebagai bentuk syukur pada Allah.
Nikmat apakah yang disyukuri? Yaitu nikmat ampunan dosa yang begitu banyak di bulan Ramadhan. Bukankah kita telah ketahui bahwa melalui amalan puasa dan shalat malam selama sebulan penuh yaitu lantaran datangnya ampunan Allah, begitu pula dengan amalan menghidupkan malam lailatul qadr di akhir-akhir bulan Ramadhan?!
Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, ”Tidak ada nikmat yang lebih besar dari anugerah pengampunan dosa dari Allah.”328 Sampai-sampai Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam pun yang telah diampuni dosa-dosanya yang telah kemudian dan akan tiba banyak melaksanakan shalat malam. Ini semua dia lakukan dalam rangka bersyukur atas nikmat pengampunan dosa yang Allah berikan.
‘Aisyah mengatakan, “Kenapa engkau melaksanakan ibarat ini wahai Rasulullah, padahal Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang kemudian dan akan datang?”. Beliau lantas mengatakan,
“(Pantaskah saya meninggalkan tahajjudku?) Jika saya meninggalkannya, maka saya bukanlah hamba yang bersyukur.”329
Begitu pula di antara bentuk syukur lantaran banyaknya ampunan di bulan Ramadhan, di penghujung Ramadhan (di hari Idul fithri), kita dianjurkan untuk banyak berdzikir dengan mengangungkan Allah melalu bacaan takbir ”Allahu Akbar”. Ini juga di antara bentuk syukur sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,
“Dan hendaklah kau mencukupkan bilangannya dan hendaklah kau bertakwa pada Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kau bersyukur.” (QS. Al Baqarah: 185)
Begitu pula para salaf seringkali melaksanakan puasa di siang hari sehabis di waktu malam mereka diberi taufik oleh Allah untuk melaksanakan shalat tahajud. Inilah bentuk syukur mereka.
Ingatlah bahwa rasa syukur haruslah diwujudkan setiap dikala dan bukan hanya sekali saja ketika mendapatkan nikmat. Namun sehabis mendapatkan satu nikmat, kita butuh pada bentuk syukur yang selanjutnya. Ada ba’it sya’ir yang cukup bagus: ”Jika syukurku pada nikmat Allah yaitu suatu nikmat, maka untuk nikmat tersebut diharuskan untuk bersyukur dengan nikmat yang semisalnya”.330
330 Lathoif Al Ma’arif, 389.
331 Lihat Lathoif Al Ma’arif, 390.
332 HR. Bukhari no. 1987 dan Muslim no. 783.
Faedah kelima: Melaksanakan puasa syawal mengambarkan bahwa ibadahnya kontinu dan bukan musiman saja.
Amalan yang seseorang lakukan di bulan Ramadhan tidaklah berhenti sehabis Ramadhan itu berakhir. Amalan tersebut seharusnya berlangsung terus selama seorang hamba masih menarik nafas kehidupan.
Sebagian insan begitu bergembira dengan berakhirnya bulan Ramadhan lantaran mereka merasa berat ketika berpuasa dan merasa bosan ketika menjalaninya. Siapa yang mempunyai perasaan semacam ini, maka dia terlihat tidak akan bersegera melaksanakan puasa lagi sehabis Ramadhan lantaran kepenatan yang ia alami. Jadi, apabila seseorang segera melaksanakan puasa sehabis hari ’ied, maka itu merupakan tanda bahwa ia begitu semangat untuk melaksanakan puasa, tidak merasa berat dan tidak ada rasa benci.
Asy Syibliy pernah ditanya, ”Bulan manakah yang lebih utama, Rajab ataukah Sya’ban?” Beliau pun menjawab, ”Jadilah Rabbaniyyin dan janganlah menjadi Sya’baniyyin.” Maksudnya yaitu jadilah hamba Rabbaniy yang rajin ibadah di setiap bulan sepanjang tahun dan bukan hanya di bulan Sya’ban saja. Kami (penulis) juga sanggup mengatakan, ”Jadilah Rabbaniyyin dan janganlah menjadi Romadhoniyyin.”331 Maksudnya, beribadahlah secara kontinu (ajeg) sepanjang tahun dan jangan hanya di bulan Ramadhan saja. Semoga Allah memberi taufik.
’Alqomah pernah bertanya pada Ummul Mukminin ’Aisyah mengenai amalan Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, ”Apakah dia mengkhususkan hari-hari tertentu untuk beramal?” ’Aisyah menjawab,
”Beliau tidak mengkhususkan waktu tertentu untuk beramal. Amalan dia yaitu amalan yang kontinu (ajeg).”332 Amalan seorang mukmin barulah berakhir ketika kematian menjemput. Al Hasan Al Bashri mengatakan, ”Sesungguhnya Allah Ta’ala tidaklah menyebabkan kematian (waktu akhir) untuk amalan seorang mukmin selain kematian.” Lalu Al Hasan membaca firman Allah,
”Dan sembahlah Rabbmu hingga tiba kepadamu al yaqin (yakni ajal).” (QS. Al Hijr: 99).333 Ibnu ’Abbas, Mujahid dan lebih banyak didominasi ulama menyampaikan bahwa ”al yaqin” yaitu kematian. Dinamakan demikian lantaran kematian itu sesuatu yang diyakini niscaya terjadi. Az Zujaaj menyampaikan bahwa makna ayat ini yaitu sembahlah Allah selamanya. Ahli tafsir lainnya menyampaikan bahwa makna ayat tersebut yaitu perintah untuk beribadah kepada Allah setiap saat, sepanjang hidup.334
333 Lathoif Al Ma’arif, 392.
334 Zaadul Masiir, 4/423.


Demikianlah Artikel Lima Faedah Puasa Syawal

Sekianlah artikel Lima Faedah Puasa Syawal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Lima Faedah Puasa Syawal dengan alamat link https://zonaedukasiterpadu.blogspot.com/2012/12/lima-faedah-puasa-syawal.html

0 Response to "Lima Faedah Puasa Syawal"

Posting Komentar